Kamis, 15 Agustus 2013

SEJARAH JEMBATAN AMPERA

Assalamu'alaikum dan salam sejahtera bagi kita semua...hehhehe
Dah lama yah saya gak ngeblog lagi...mungkin udah 1 abad lebih..(Lebih Lebay ternyata...hahhaha).
Kali ini saya akan bercerita tentang..eng ing eeeenngggg...hahhaha..SEJARAH JEMBATAN AMPERA (Sorry Capslock rusak)...

                                                              AMPERA SEKARANG
                                                          (Foto By Brengkes Iwak Pedo)

Okeh..tak usah panjang lebar lagi, karena panjang kali lebar adalah luas..hehehheh

Tahun 1906 muncul Ide membuat jembatan..hemmm....kira2 kita lagi ngapain yah di tahun itu.

Panitia Pembangunan yang terdiri atas Harun Sohar (Panglima Kodam II/Sriwijaya), H.A. Bastari (Gubernur Sumatera Selatan), M. Ali Amin, dan Indra Caya, kemudian Panitia Pembangunan ini menyampaikan gagasan Pembangunan jembatan tersebut Kepada Presiden RI Ir. Soekarno. 

Biaya pembuatan Ampera zaman itu adalah USD 4.500.000 atau sekitar Rp. 900.000.000 pada masa itu dengan kurs Dolar USD 1 = Rp 200.....ternyata dulu satu dolar itu 200 perak sodara-sodara.

Pada saat Jepang dikalahkan sekutu....Rakyat palembang meminta ganti rugi perang berupa sebuah jembatan yang menghubungkan daerah Ilir dan Ulu (Hilir & Hulu) kota palembang. Maka Jepang sepakat membangun sebuah Jembatan tepat berada di jantung kota palembang ini.

Proses pembangunan oleh jepang ( Fuji Mobil Manufacturing Co.ltd) mulai April 1962 - 1965....coba bayangkan kalo perusahaan cina yang bikin saya rasa Jembatan Ampera Bakal Cepet Hancur, HP cina aja cepet rusak..wkwkwkwkkwkw

Jembatan pun diresmi oleh Letjen Ahmad Yani, pada tanggal 30 September 1965. kemudian jembatan ini di namai dengan Jembatan Bung Karno,...hemm... malamya pemberontakan G30 S

Namun pada tahun 1966 terjadi pergolakan gerakan Anti-Soekarno, Nama jembatan yang mengambil dari Nama Presiden RI pun di Rubah menjadi Jembatan Ampera yang artinya Amanat Penderitaan Rakyat.

Jembatan Ampera yang memiliki panjang total 1.117 meter dan lebar 22 meter


Ampera Tempo Dulu
(Foto By Barometer Pieri Axl)

Jembatan ampera sendiri udah berapa kali berubah warnanya, mulai dari warna pertama abu2, kuning, dan terakhir Merah. Dahulunya Jembatan ini Bisa di angkat bro..bagian tengahnya doank tapi....gue tunjukin gambarnya yah...

TARAAAAAAAAAAAA.............................

(Tengah Ampera Di Angkat)
Sumber : Mbah Google

Aktivitas turun naik bagian tengah jembatan Ampera ini hanya berlangsung selama kurang lebih 5 tahun, di tahun 1970. Terus kenapa di hentikan...menurut Info dari berbagai sumber, Pengangkatan bagian tengah jembatan ini memakan waktu sekitar 30 menit alias Setengah Jam. yang mengakibatkan menganggu kelancaran lalulintas darat ketika itu. Dan juga akibat Pendangkalan sungai Musi tak banyak lagi Kapal2 besar bisa memasuki Sungai Musi ini. Yah..Fungsi dari pengangkatan bagian tengah ini adalah agar, kapal2 besar yang sering melintas di Sungai Musi bisa melakukan Aktifitasnya seperti biasa.


Naaaahh...yang ini saya baru tahu, Ternyata di tahun 1968 pemerintah memasukan gambar AMPERA pada uang seri Sudirman pecahan Rp.25 dan gambar PUSRI di pecahan Rp.1000.

Hem..Alhamdulillah yah sesuatu....Wawasan kita mengenai Ampera Bridge bertambah..Bagi temen2 yang ada di luar kota atau yang ada di luar negeri boleh deh mampir ke Kota Ane tercinta dan Foto2 di Jembatan Ampera

See u ..Guys..makasih buat yg udah mampir..dan terima kasih juga buat Grup FB nya Bucu Inside Palembang...karena dari grup FB inilah saya banyak tahu mengenai sejarah JEMBATAN KEBANGGAAN MASYARAKAT PALEMBANG ini....

yang mau gabung boleh ke Grup Bucu Inside Palembang buat bayangan bagi pelancong yang bingung kalo kepalembang kemana yah tempat sejarahnya hihihiihih... nih Link Grup BUCU Inside PALEMBANG <<<< Kilik aja

And.....Wassalamu'alaikum semuanyaaaa


2 komentar:

  1. itu instrumen musik nyanyi nya suara sendiri? bagus ') salam kenal ^^

    BalasHapus